AMALAN RINGAN BERBALAS SURGA

DZIKIR
Dzikir merupakan amalan yang sangat ringan bahkan bisa dilakukan tanpa Thaharoh. Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam.
Tidaklah seorang manusia mengamalkan satu amalan yang lebih menyelamatkan dirinya dari adzab Allah dari dzikrullah.
(HR.Ahmad)

MENCARI ILMU
Seseorang yang ia mencari Ilmu Allah akan memudahkan jalan menuju surga.
Barangsiapa yang menempuh suatu jalan untuk mencari ilmu maka Allah akan memudahkan jalannya menuju surga. (HR.Muslim)

MENAHAN MARAH
Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,
Barangsiapa yang menahan kemarahannya padahal dia mampu untuk melampiaskannya maka Allah Ta’ala akan memanggilnya (membanggakannya) pada hari kiamat di hadapan semua manusia sampai (kemudian) Allah membiarkannya memilih bidadari bermata jeli yang disukainya.
(HR. Abu Dawud)

MEMBACA AYAT KURSI
Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,
Siapa membaca ayat Kursi setiap selesai shalat, tidak ada yang menghalanginya masuk surga selain kematian. (HR. An-Nasai)

MENYINGKIRKAN GANGGUAN DI JALAN
Hal yang sangat kecil, tidak bermodal namun balasannya surga..

Rasullullah shallahu alahi wassalam bersabda,
Sesungguhnya aku telah melihat seseorang lalu lalang di syurga dibawah suatu pohon yang ia potong ketika di dunia karena pohon itu mengganggu perjalanan manusia.
(H.R. Muslim)

MEMBELA KEHORMATAN MUSLIM
Barangsiapa yang membela kehormatan sdrnya muslim maka Allah akn memalingkan /menjauhkan wajahnya dari neraka pada hari Kiamat. (HR.An Nasai)

MENJAUHI PERDEBATAN
Rasulullah –shollallohu ‘alaihi wasallam bersabda :
Aku menjamin sebuah rumah di pinggir jannah (surga) bagi siapa saja yang meninggalkan perdebatan berkepanjangan meskipun ia dalam kebenaran (al haq), juga sebuah rumah di tengah jannah bagi siapa  saja yang meninggalkan berbohong walaupun ia sedang bercanda, serta sebuah rumah di puncak jannah bagi siapa  saja yang berakhlak mulia.
(HR. Abu Dawud)

BERWUDHU
Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda,
Barangsiapa yang berwudhu lalu berdoa, ‘Asyhadu allaa ilaaha illallah wahdahu laa syarikalahu wa asyhadu anna Muhammadan ‘abduhu wa rasuuluhu‘
Aku bersaksi bahwa tidak ada Tuhan yang berhak disembah selain Allah, dan aku bersaksi bahwa Nabi Muhammad adalah hamba dan RasulNya), dibukakan untuknya pintu-pintu surga yang delapan, dan dia dapat masuk dari pintu manapun yang diinginkannya. (HR.Muslim)

SHALAT DI MASJID
Barangsiapa bersuci dirumahnya lalu dia berjalan menuju salah satu dari rumah Allah (masjid) untuk menunaikan kewajiban yang telah Allah wajibkan, maka salah satu langkah kakinya akan menghapus dosa dan langkah kaki lainnya akan meninggikan derajatnya
(HR. Muslim)

Semoga Allah memberikan Taufiq kepada kita semua agar dapat mengamalkan dan menyampaikannya kepada yang lain.
Aamiin.

Comments